Mengetahui Baik Buruk Tentang Media Sosial

Berbicara tentang media sosial, saat ini, semakin berkembangnya teknologi maka berkembang pula setiap media sosial yang ada. Media sosial atau yang dikenal juga sebagai jejaring sosial masih digandrungi oleh banyak masyarakat, baik laki-laki atau perempuan, dari anak kecil hingga dewasa, di seluruh belahan dunia. Bukanlah hal baru yang mengherankan bila sebagian besar orang akan membuka akun mereka di media sosial saat memiliki waktu luang.

Menggunakan jejaring sosial di era kini sudah begitu marak. Dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa telah memiliki akun masing-masing di berbagai platform media sosial. Fitur dalam setiap media sosial tersebut pun beragam jenisnya. Selain bisa berbagi informasi, para penggunanya pun juga bisa berbagi kesehariaan dengan post baru Anda, sampai dengan bisa berbagi video dengan cara mengunggahnya atau melakukan share dari tautan yang sudah ada.

Beberapa jenis media sosial yang tentunya tak asing lagi adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path, BBM, LINE, Whatsapp, dan masih banyak lain sebagainya. Alasan sederhana mengapa ada banyak orang memakai dan memanfaatkannya dikarenakan interaksi online rupanya jauh lebih praktis karena mengusung teknologi mobil sehingga siapapun dapat melakukannya di mana dan kapan saja.

Mengenal Dampak Positif Media Sosial

Dalam penggunaan media sosial, nyatanya ada dampak positif yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Beberapa dampak positif itu antara lain:
• Memperluas lingkaran pertemanan, di mana para penggunanya bisa mendapatkan teman dari berbagai belahan di dunia tanpa harus bertemu.
• Para penggunanya dapat belajar untuk mengembangkan keterampilan sosial serta teknisnya terlebih di zaman yang serba digital. Setiap pengguna media sosial bagaimanapun akan belajar dalam mengadaptasikan diri serta bersosialisasi ke publik lewat media sosial.
• Mendapatkan motivasi dalam belajar mengembangkan diri setelah mendapatkan lingkaran pertemanan baru secara online, sebab para penggunanya melakukan interaksi serta menerima umpan serta tanggapan satu sama lain.
• Para pengguna menjadi lebih perhatian, empati, serta bersahabat lantaran cepat tanggap saat munculnya notifikasi ulang tahun, pembaruan foto, video, atau status, sehingga hal ini menjadi alasan dalam menjaga silaturahmi satu sama lain.
• Mengerti fungsi internet yang juga sebagai salah satu media berkomunikasi. Sebab, selain mendapatkan informasi, fungsi dari internet juga digunakan oleh para penggunanya untuk membuka media sosial agar dapat melakukan komunikasi dengan pengguna lain dalam media sosial tersebut.

Mengenal Dampak Negatif Media Sosial

Ada dampak positif, tentunya juga ada berbagai macam dampak negatif yang dirasakan lantaran terlalu sering melakukan interaksi lewat media sosial. Beberapa dampak negatif yang dapat dirasakan langsung, antara lain:
• Kebanyakan pengguna media sosial lantas menjadi malas untuk melakukan komunikasi di dunia nyata. Bahkan pada beberapa anak-anak serta remaja memiliki pemahaman bahasa yang sedikit terganggu karena hal ini, seperti tak peka akan adanya bahasa tubuh atau gestur, nada suara, dan lain sebagainya. Karena itulah penggunaan media sosial dan berkecimpung di dunia maya baiknya dilakukan tak terlalu sering.
• Penggunaan media sosial dan berada di dunia maya menjadikan begitu banyak penggunanya mementingkan diri sendiri sehingga kurangnya empati ditunjukkan di dunia nyata. Secara tak sadar, hal ini akan terjadi dan berpengaruh ke lingkungan dunia nyata para pemilik media sosial.
• Untuk para pengguna dan pemilik media sosial di bawah umur, dikarenakan dalam media sosial kerap tak mengindahkan ejaan serta tata bahasa, akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Hal ini bahkan tak jarang memberikan pengaruh dalam keterampilan menulis para pengguna serta pemilik yang masih di bawah umur.
• Menjadikan para pengguna serta pemilik media sosial di bawah umur terlihat lebih dewasa sebelum umurnya. Dengan adanya informasi yang tersebar di dunia maya, maka anak-anak dan remaja seharusnya mendapatkan pengawasan ketat sebelum mendapatkan pengaruh akan apa-apa saja yang terdapat di sana seperti unggahan video yang kadang masih tak disaring, baik konten maupun ratingnya.

Dengan adanya dampak negatif ini, pemilik serta pengguna media sosial baiknya memerhatikan dan mengerti benar tentang media sosial sebelum memberikan komentar atau melakukan hal sebagainya yang mungkin dapat merugikan satu atau lebih banyak pihak yang ada dalam lingkaran pertemanan atau lingkaran pengguna media sosial tersebut.


EmoticonEmoticon