Tentang Media Sosial dan Bisnis di Dalamnya

Apapun yang menyangkut tentang media sosial, tentunya tak luput dari berbagai kegunaan dalam menggunakakannya. Media atau jejaring sosial masih menjadi favorit bagi banyak masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan, dari anak kecil hingga orang dewasa, di seluruh belahan dunia dengan status sosial apapun. Bukanlah hal baru atau mengherankan lagi apabila tak sedikit dari para penggunanya akan membuka akun mereka di media sosial saat mempunyai waktu luang.

Menggunakan jejaring sosial di era kini sudah begitu marak. Para pengguna dengan berbagai usia, latar belakang, dan jenis kelamin pastilah memiliki akun masing-masing di berbagai macam media sosial. Fitur di setiap media sosial yang ada pun tak sama satu lainnya. Selain para pengguna dapat berbagi informasi, mereka pun bisa berbagi kesehariaan dengan update terbaru, bahkan bisa melakukan sharing video atau foto dengan cara mengunggahnya atau melakukan share dari tautan yang sudah ada.

Manfaat Penggunaan Media Sosial
Media atau jejaring sosial memiliki berbagai peran yang dianggap penting dalam kehidupan bermasyarakat. Di bawah ini ada beberapa manfaat berikut alasan mengapa para pengguna media sosial masih betah memiliki akun bahkan tak hanya di satu jenis media sosial saja:
• Mudahnya berkomunikasi online
Dengan memanfaatkan media sosial, semua pengguna di dalamnya bisa melakukan komunikasi yang aktivitasnya secara online atau membutuhkan koneksi internet, yakni seperti pemberitahuan kabar, saling kirim pesan atau chatting, serta undangan. Bahkan bagi para pemilik akun yang sudah terbiasa biasanya akan menganggap bahwa komunikasi lewat platform media sosial jauh lebih efektif dibandingkan dengan pesan pendek atau sambungan telepon biasa, sebab dirasa lebih hemat.

• Mendapatkan berita, informasi, serta pengetahuan
Dengan teknologi mobile, maka berbagai kanal berita online lebih cepat diperbarui dan lebih mudah diakses dibandingkan menunggu di media cetak (koran, majalah, dan lain sebagainya) atau audio visual ( televisi). Media sosial menjadi sarana yang memiliki berbagai macam berita, informasi, pengetahuan, ilmu, dan juga kabar terkini.

• Promosi bisnis, baik online maupun offline
Dalam upaya untuk meningkatkan bisnis, seseorang tentunya akan melakukan promosi dan media sosial memiliki peran dalam mengembangkan bisnis seseorang tersebut. Melakukan share serta memromosikan bisnis ke beberapa jenis media sosial telah menjadi strategi penjualan dan telah terbukti lebih efektif dan mendatangkan hasil.
Tak sedikit dari pengguna media atau jejaring sosial biasanya melakukan atau mendapatkan berbagai jenis promosi baik ke atau dari teman maupun orang yang tak dikenal dan berada dalam lingkaran pertemanan media sosialnya.

Berbisnis di Media Sosial

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa media sosial di era kini termasuk salah satu cara dalam memajukan usaha bisnis seseorang, terlebih bisnis online. Dengan banyaknya pengguna media sosial yang tak kunjung surut dan justru berkembang pesat, maka bila seorang pengguna dengan pandai memanfaatkannya, maka akan memberikan guna atau manfaat yang membawa dampak positif ke penjualan bisnisnya.

Dalam berbisnis lewat media sosial, memiliki kemampuan juga harus dipertimbangkan agar tak salah langkah. Berikut ialah beberapa kemampuan yang harus dimiliki pengguna sekaligus pebisnis online di media sosial:
• Mempunyai kemampuan tulis yang baik
Walaupun banyak informasi secara visual dapat dimanfaatkan, namun kemampuan seseorang dalam menulis masih menjadi salah satu faktor menarik calon konsumen. Penulis yang kuat akan memahami bagaimana kata bersifat persuasif dan dapat menarik calon pembeli.

• Mempunyai kemampuan dalam melakukan komunikasi
Selain kemampuan tulis, seorang yang hendak melakukan bisnis lewat media sosial juga harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi. Cepat tanggap atau responsif ialah salah satu yang harus dimiliki dalam berbisnis lewat media sosial. Sebab, interaksi yang dilakukan pemilik bisnis serta calon pembeli ada karena keaktifan dari dua belah pihak dalam menanggapi atau menunjukkan ketertarikan akan penjualan produk.

• Sikap empati dalam memahami konsumen
Para pengguna media sosial yang hendak melakukan bisnis haruslah memiliki sikap atau rasa empati yang tinggi. Hal ini dikarenakan sikap atau rasa tersebut berfungsi untuk mengenal karakterisasi dari para calon pembeli di media sosial.

Dengan mengetahui berbagai manfaat serta bagaimana berbisnis lewat media sosial, maka para pengguna memang sudah seharusnya mengerti lebih lanjut tentang media sosial sebelum terjadi kesalahpahaman antara pemilik bisnis serta konsumen.


EmoticonEmoticon