Bijak Saat Pilih Ponsel

Beli ponsel bagus dengan harga murah? Wah, siapa yang tidak tergiur. Eh, hati-hati lho, jangan-jangan ponsel itu berasal dari black market atau biasa disebut BM.

Apa ponsel BM itu? Ponsel BM adalah ponsel yang beredar di pasar tanpa melalui jalur distributor yang resmi. Ponsel jenis ini biasanya tidak memiliki ijin resmi pemerintah, baik distribusi, impor, sertifikat postel, dan tidak membayar pajak. Kebanyakan BM juga tidak memiliki jaminan purna jual yang memadai. Itulah alasan ponsel  BM bias berharga lebih murah disbanding ponsel resmi.

Selain ponsel BM, ada juga ponsel dengan garansi distributor. Ponsel ini tidak tergolong BM, karena distributor memiliki ijin resmiuntuk impor. Ponsel jenis ini dipasarkan oleh distributor yang tidak memiliki kerjasama resmi dengan produsen ponsel. Kebanyakan ponsel bergaransi distributor ini sebenarnya adalah barang yang tidak ditujukan untuk pasar Indonesia. Distributor mengimpor langsung dari Negara lain, misalnya tiongkok. Garansi hanya dapat diklaim ke distributor yang tertea, dan tidak bisa diklaim ke service center resmi. Beberapa merk ponsel terkenal banyak yang beredar dengan jalur ini.

Nah, yang paling aman tentu membeli ponsel dengan garansi resmi. Ponsel jenis ini dipasarkan oleh distributor yang memiliki lisensi dan bekerjasama dengan produsen ponsel. Ponsel resmi memiliki layanan purna jual dan bias diklaim garansi ke service center resmi. Karena itu, ponsel bergaransi resmi ini biasanya berharga lebih mahal. Jenisnya juga lebih sedikit dibandingkan ponsel BM atau garansi distributor, karena memang ponsel yang dijual adalah ponsel yang benar-benar ditujukan untuk pasar Indonesia.


EmoticonEmoticon